Tempat Wisata Terpopuler di Gunungkidul - Jika Anda hendak pergi berwisata ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya jika Anda sekalian tidak mampir ke daerah kabupaten Gunungkidul, tepatnya di daerah Wonosari Gunungkidul. Jarak dari Jogja (Yogyakarta) ke Gunungkidul adalah sekitar 46,3 km. Potensi wisata Alam gunungkidul baru-baru ini mencuak diperbincangkan ditengah-tengah masyarakat yang hendak berlibur disekitar kota jogja.

Dan berikut adalah Daftar Tempat Wisata di Gunungkidul yang paling terpopuler dan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai dari sekian banyak pantai yang ada di Gunungkidul yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Indrayanti oleh pemerintah setempat sebenernya mempunyai nama asli Pantai Pulang Sawal sedangkan nama indrayanti sendiri adalah nama sebuah tempat makan (restoran) di sekitar pantai tersebut sehingga masyarakat lebih akrab menyebutnya dengan pantai Indrayanti.

 Pantai ini mempunyai pasir putih dengan air pantai yang masih jernih dan batuan karang yang memanjakan mata kita ketika berkunjung ke sana. Dan hal yang menarik di pantai Indrayanti adalah kalau anda kedapatan membuang sampah sembarangan maka akan dikenakan denda sebesar 10 ribu rupiah.


Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan salah satu goa dari ratusan goa di kawasan Gunungkidul. Goa Jomblang terkenal karena keunikan dan keindahannya. Tidak heran jika Goa Jomblang ini dijadikan tempat pengambilan gambar acara Amazing Race Amerika pada tahun 2011 dan ini semakin membuatnya populer.

Goa Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam goa terdapat luas mulut goa sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang, dan inilah tujuan utama dari Goa Jomblang ini.



Gunung Api Purba Nglanggeran
Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, Gunung Nglanggeran dinyatakan sebagai Gunung Berapi Purba.

Pertama kali masuk kita disuguhi bangunan Pendopo Joglo Kalisongo. Dan bila kita lanjutkan perjalanan kita lewat jalan setapak untuk mendaki gunung ini, maka akan terlihat 3 gardu pandang. Yaitu gardu pandang rendah, intermediate dan yang paling puncak. Sesampainya di puncak gunung kita dapat melihat pemandangan di bawah berupa ladang  sawah, kebun, dan tower berbagai saluran televisi. Tempat ini cocok untuk outbond, ngecamp, tracking ataupun panjat tebing.



Air Terjun Sri Gethuk
Menuju ke Sri gethuk tidaklah sulit, banyak petunjuk jalan yang akan mempermudah kita menuju ke lokasi. Dari arah jogja, Belok kanan di simpangan gading (bandara) menuju ke arah playen.  Sampai di playen belok kanan arah kecamatan Paliyan. Kurang lebih 2 km kita akan ketemu pertigaan lagi dan belok kanan. Di sana sudah banyak petunjuk jalan menuju air terjun Sri Gethuk.

Sekitar 30 menit dari playen kita melewati jalan yang agak kurang baik dan cenderung rusak, meski beberapa bagian jalan sudah mulai diperbaiki. namun sebaiknya kita etap berhati-hati.

Sampailah Kita Di Objek wisata Air terjun Sri Getuk.  Ada dua cara untuk mencapai lokasi air terjun. Pertama dengan berjalan kaki melintasi areal persawaan yang jaraknya sekitar 1.5 km atau yang kedua menuruni anak tangga menuju dermaga di tepi Sungai Oya.


Nah, itulah beberapa reversi Tempat Wisata Terpopuler di Gunungkidul yang semoga dapat membantu Anda menemukan tempat wisata yang sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi halaman lain di blog kam sehingga Anda lebih banyak lagi reversi untuk berwisata. (idakukuh.blogspot.com)
 
Top