7 Objek / Tempat Wisata di Yogyakarta

7 Objek / Tempat Wisata di Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang menyimpan banyak objek wisata yang populer. Dari wisata budaya, wisata Alam, maupun kulinernya. Nah dari sekian banyak tempat wisata yang ada di provinsi yogyakarta atau sering juga kita sebut jogja pastinya anda bingung mana yang akan anda hadulukan untuk mendatanginya. Dan berikut saya akan berbagi sedikit pengalaman saya ketika berlibur ke jogja. 7 diantaranya yang menurut saya paling populer di jogja adalah :

Kraton Kasultanan Ngayogyakarta
Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Kraton Yogyakarta merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menjadi tempat tinggal raja dan keluarganya semata, Kraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut. Di tempat ini wisatawan dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa terus hidup serta dilestarikan.


Jalan Malioboro
Jalan Malioboro adalah saksi sejarah perkembangan Kota Yogyakarta dengan melewati jutaan detik waktu yang terus berputar hingga sekarang ini. Membentang panjang di atas garis imajiner Kraton Yogyakarta, Tugu dan puncak Gunung Merapi. Malioboro adalah detak jatung keramaian kota Yogyakarta yang terus berdegup kencang mengikuti perkembangan jaman.



Pasar Beringharjo
Pasar Beringharjo yang kita kenal sekarang pada awalnya adalah hutan beringin, tiga tahun setelah Perjanjian Gianti, wilayah pasar ini menjadi tempat transaksi ekonomi bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya. Pembangunan Pasar Beringharjo secara permanen di mulai pada awal tahun 1920 yang ditandai adanya bangunan yang sudah jadi pada tahun 1925.  Asal mula nama Beringharjo diberikan oleh Sri Sultan HB IX yang artinya membawa kesejahteraan.



Candi Borobudur
Ini adalah monumen Budha yang megah dibangun antara 750 dan 850 AD ketika Jawa Tengah masih merupakan kerajaan Budha. Lama ditinggalkan, yang pertama kembali penemuan dan apresiasi Borobudur mulai tahun 1815 di bawah Raffles, yang Let.Gov tersebut. Jawa selama periode singkat pemerintahan Inggris.Pekerjaan yang sebenarnya rekonstruksi total ribuan batu dan relief berlangsung di bawah pemerintah Indonesia, yang dengan bantuan dari UNESCO, restorasi menyelesaikan proyeksi 10 tahun 1984. Saat ini, Borobudur adalah ditentukannya UNESCO Situs Warisan Dunia dengan & tingkat dan 1460 relief batu berukir yang menceritakan kisah Buddha dan mewakili langkah dari alam duniawi ke Nirwana.Terletak hanya 42 km dari Jogja Borobudur adalah yang terbaik terlihat pada pagi hari atau saat senja.


Candi Prambanan
Nama Candi Siwa yang megah ini diambil dari nama desa tempat ia berada Prambanan. Secara lokal dikenal sebagai Candi Loro Jonggrang, adalah candi Hindu terbesar dan paling indah di Indonesia. Tujuh belas kilometer sebelah timur Yogyakarta, diyakini telah dibangun oleh Raja Balitung Maha Sambu di pertengahan abad kesembilan, terdapat  relief yang menggambarkan-Kisah Ramayana yang terkenal.


Pantai Parangtritis
Merupakan salah satu pantai yang terkenal yang ada di Selatan Yogyakarta, dan merupakan pantai yang sudah dikenal di dunia internasional. Pantai Parngtritis berjarak +/- 27 kilometer dari kota Yogyakarta, dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu 30 - 45 menit.
Pantai Parangtritis merupakan pantai yang landai dengan bukit-bukit kapur di sekitarnya, dimana Pantai Parangtritis juga merupakan salah objek wisata untuk dapa menikmati keindahan pada saat matahari terbenam (sunset) untuk meninggalkan kita


Gunung kidul
Gunung kidul yaitu daerah yang berada di provinsi Yogyakarta dan mempunyai berbagai macam tempat wisata gunungkidul. Kabupaten ini yang beribukotakan Wonosari ini, mempunyai banyak beraneka ragam tempat wisata. Dimulai dari wisata gua, pantai, waduk, desa wisata, dan lain sebagainya.
Pantai Indrayanti
Pantai Ngobaran
Gua Pindul
Air Terjun Sri Gethuk
Gunung Api Purba Nglanggeran


Menarik kan jalan-jalan kita ke Jogja? Kalau kamu berencana plesiran ke Kota Gudeg, coba saja intip website kukuh zone :). Selamat berlibur!

^TOP^